berbagi ilmu…

Memperkecil Ukuran File EXE

Di sistem operasi Windows, sering kita jumpai file yang berekstensi EXE berukuran besar, bisa berukuran lebih dari 5 MB. Kalau Anda ingin mengirimkannya ke teman Anda lewat e-mail, waktu yang dibutuhkan lama untuk upload bisa lama. Kawan Anda pun butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengunduhnya.

Ada sebuah aplikasi yang bisa mengompres ukuran file EXE menjadi lebih kecil, tapi bukan aplikasi seperti WinRar atau WinZip. Namanya UPX atau Ultimate Packer for eXecutables. Anda bisa mengunduhnya di http://upx.sourceforge.net/download/upx203w.zip. Ukuran paket programnya boleh dibilang kecil—hanya 284KB. Jadi, hanya dibutuhkan sedikit waktu untuk mengunduhnya.

Baca selengkapnya di http://www.tabloidpcplus.com/view.cfm?p=2007.10.02154459

Rekor Dunia Overclock 500GHz Terpecahkan
Tim riset dari IBM dan Georgia Institute of Technology telah mendesain dan membangun sebuah prosesor komputer yang memecahkan rekor kecepatan dunia, yakni 500GHz atau lebih dari 100 kali laju chip komputer yang ada saat ini.Apa rahasianya? Prosesor ini tidak terbuat dari silikon, melainkan dari bahan germanium yang memungkinkan chip mencapai kecepatan clock yang lebih tinggi namun dengan pemanfaatan daya yang lebih sedikit. Supaya frekuensi 500GHz bisa dicapai, tim riset IBM mesti mendinginkan prototipe prosesor ini hingga -268,5 derajat Celcius, menggunakan helium cair.

Suhu super rendah inilah – sedikit di atas suhu minimum teoritis yang biasa disebut absolute zero – yang membuat prosesor tersebut mampu menampilkan performa kalkulasi satu per triliun setiap detiknya, atau diterjemahkan menjadi 500GHz.

Kecepatan yang ekstrim tersebut jauh lebih digdaya jika dibandingkan dengan prosesor yang didesain secara konvensional di suhu ruang yang kalkulasinya hanya bisa dikebut sampai 350 miliar per detik.

sumber : http://www.tabloidpcplus.com

Fujitsu Bikin Notebook dari Tepung Jagung
Fujitsu dikabarkan sedang merancang casing khusus yang ramah lingkungan untuk laptop Lifebook-nya. Bahan yang mereka gunakan adalah semacam plastik yang dibuat dari tepung jagung.Memang, biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi bahan ini lebih mahal dibandingkan bahan plastik biasa yang terbuat dari minyak bumi, tapi nantinya casing ini tidak akan mencemari lingkungan ketika dibuang karena bisa terurai dalam waktu beberapa bulan saja—tidak seperti casing plastik dari minyak bumi yang butuh waktu berpuluh-puluh tahun untuk terdegradasi. Selain itu, Fujitsu mengklaim bahwa casing dari tanaman jagung ini mampu mengurangi emisi karbon hingga 15 persen.

Sebenarnya, casing notebook ini bukan usaha pertama Fujitsu untuk bersahabat dengan alam. Sebelumnya mereka telah memakai bahan yang sama untuk ponsel. Perlu Anda ketahui, minat Jepang terhadap bahan-bahan ramah lingkungan untuk produk elektronik memang sangat besar, terutama sejak mereka mengalami masalah polusi dan kelangkaan minyak yang parah pada tahun 1970-an.

sumber : http://www.tabloidpcplus.com

Komputer Hybrid Masuk Indonesia

Jakarta, Rabu – Komputer hybrid atau yang lebih dikenal dengan komputer yang memadukan keunggulan dari notebook dan desktop kini mulai memasuki pasar Indonesia setelah NEC meluncurkan produk tersebut di Jakarta, Selasa.

Produk yang dikemas dengan nama NEC Powermate P5000 tersebut merupakan komputer hybrid yang pertama kali masuk di pasar Indonesia. Produk ini juga merupakan komputer hybrid pertama yang dijual di luar Jepang.

Senior Manager Desktop Product Marketing NEC untuk Asia Pasifik Mitsuhiro Tagami mengatakan, NEC sejauh ini merupakan produsen komputer hybrid pertama di dunia sehingga pasar untuk komputer tersebut masih sangat terbuka luas di Indonesia.

Pihak NEC mentargetkan bisa menjual sekitar 200 unit PC tersebut setiap bulannya.

Komputer ini sepintas menyerupai PC pada umumnya, namun tanpa CPU. Monitornya pun dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dibawa dengan adanya pegangan di bagian atas belakang monitornya.

Image

Komputer ini juga tidak terlalu direpotkan dengan banyaknya kabel-kabel. Satu-satunya kabel yang dibutuhkan hanyalah untuk menghubungkan dengan listrik. Sementara kabel keyboard dan mouse tidak ada. Keyboard dan mouse terhubungkan ke P5000 dengan frekuensi radio nirkabel yang memungkinkan unit ini dioperasikan sampai jarak 10 meter jauhnya dari P5000.

Dengan desain unik dan ukuran yang kecil hanya seberat 4 kg menjadikan komputer ini menonjol di semua tempat khususnya jika ruangan sangat terbatas tapi menginginkan citra dan gaya.

Image

P5000 menggabungkan layar TV berkualitas berukuran 17 inch dengan pengeras suara yang terintegrasi. Komputer ini di Jepang juga menerima penghargaan “Japan Good Design Award”.

Diperkuat dengan prosesor inti ganda AMD turion 64 X2 menjadikan PC yang dirancang untuk pengguna pribadi dan komersial ini mampu menjalankan banyak aplikasi secara simultan.

Image

Untuk memperkuat fitur jejaring media rumahan, P5000 juga telah dilengkapi dengan cyberlink soft-DMA 1.5 dan fasilitas jejaring nirkabel. Fasilitas ini memberikan kebebasan pengguna untuk meletakan P5000 dimanapun tanpa mengurangi kemampuan jejaringnya.

P5000 yang dijual dengan harga 1.599 dolar AS itu juga mempunyai kemampuan untuk mengisi ulang listrik telepon genggam atau media player melalui USB port tanpa perlu mengoperasikan sistem PC.(ANT/WAH)

Source: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s