how to use RSS?

1. Miliki dan install sebuah program RSS reader.
Mula-mula Anda harus memiliki sebuah program RSS reader. Ada berbagai program RSS reader yang dapat dipilih, di antaranya Feedreader, RSS Bandit, dan SharpReader. Masih banyak pilihan program lainnya yang dapat dilihat di Google. Download dan install-lah program yang Anda pilih.

2. Cari situs-situs yang menyediakan RSS feed.
Hanya situs-situs yang menyediakan RSS feed sajalah yang dapat dibaca oleh program RSS reader. Oleh karena itu Anda perlu memastikan apakah suatu situs menyediakan RSS feed atau tidak. Situs-situs yang menyediakan RSS feed umumnya menampilkan sebuah kotak kecil bertuliskan XML atau RSS pada halaman web-nya. Contoh situs yang menyediakan RSS feed dapat dilihat di sini.

3. Tambahkan feed dari situs tersebut ke program RSS reader.
Dalam program RSS reader pasti tersedia menu untuk menambahkan feed baru. Pilih menu tersebut lalu masukkan alamat feed dari situs yang ingin ditambahkan. Alamat feed ini dapat diperoleh dengan mengklik kanan kotak kecil bertuliskan XML atau RSS pada situs, dan memilih menu Copy Shortcut (pada Internet Explorer) atau Copy Link Location (pada Firefox). Selanjutnya alamat tersebut tinggal di-paste ke program RSS reader.

4. Update RSS feed yang ada.
Untuk mendapatkan berita terbaru dari situs-situs yang sudah ditambahkan, pilihlah menu Update pada program RSS reader. Program RSS reader akan mendownload berita terbaru dari semua situs tersebut. Selain itu, program RSS reader juga dapat diset untuk melakukan update secara otomatis pada periode waktu tertentu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s