redhat linux 9

Entah kenapa cukup sering ada email atau pesan singkat dari seseorang yang menanyakan sesuatu hal tentang Linux, dan ketika saya tanya apa distro-nya, dijawab dengan “RedHat Linux 9″. Lebih aneh lagi, biasanya pengguna ini pengguna baru dan baru saja memasang RedHat Linux 9 tersebut di komputernya. Memang tidak terlalu sering, tapi paling tidak setiap satu atau dua bulan ada kejadian semacam ini. Jauh lebih sering daripada distribusi lain yang seumur dengan RedHat Linux 9.

Jika bertemu dengan kasus semacam ini, biasanya langsung saya anjurkan untuk pindah ke Ubuntu atau distribusi lain yang jauh lebih baru.

Bukannya menolak untuk membantu, tetapi lima hari ke depan adalah tepat empat tahun setelah RedHat Linux 9 dirilis. Empat tahun adalah waktu yang sangat lama di dunia Linux dan RedHat juga telah menghentikan dukungan terhadap RedHat Linux 9. Besar kemungkinan RedHat Linux 9 tidak mendukung sebagian besar perangkat keras jaman sekarang. Kenyamanan menggunakan Linux juga telah jauh lebih baik daripada empat tahun yang lalu.

Walaupun dulu saya adalah pengguna RedHat Linux sejati (pernah menggunakan setiap rilis RedHat Linux dari versi 3 sampai 7.3), saya tidak pernah menggunakan RedHat Linux 8 dan lebih di komputer pribadi saya. Versi terakhir RedHat Linux yang pernah saya gunakan adalah versi 7.3. Jadi kemungkinan saya tidak tahu terlalu banyak tentang RedHat 9.

Jadi mengapa orang-orang ini menggunakan RedHat 9? Saya tidak sempat menanyakannya dalam kejadian terakhir. Tetapi hipotesis saya adalah mereka mencari RedHat ke toko-toko yang ‘menjual’ program komputer, mencari RedHat Linux ‘versi terbaru’ karena dalam pikirannya RedHat adalah distribusi yang paling populer. Kemudian tentunya penjaga toko menyerahkan RedHat Linux ‘terbaru’ yaitu versi 9. Penjaga toko ini tentunya juga tidak mengetahui perbedaan-perbedaan dan hubungan antara RedHat Linux, RedHat Enterprise Linux, dan Fedora, apalagi CentOS.

Bagi penjaga toko ini mungkin wajar menginstal komputer baru dengan menggunakan sistem operasi keluaran setengah dasawarsa yang lalu, tetapi perkembangan di dunia Linux sangatlah cepat. Dapat dipastikan antara waktu RedHat Linux 9 dirilis sampai sekarang ada banyak versi baru dari RedHat Linux. Hanya saja namanya bukanlah RedHat Linux karena RedHat mengubah arah pengembangan RedHat Linux menjadi Fedora. Sedangkan versi komersilnya dinamai RedHat Enterprise Linux.

Semenjak RedHat Linux 9 dirilis, sudah ada enam rilis Fedora. Setiap tahun paling tidak ada satu rilis dari Fedora. Versi berikutnya dari Fedora dijadwalkan akan dirilis pada bulan Mei tahun ini. Selain itu sudah ada tiga rilis versi RedHat Enterprise Linux setelah RedHat Linux 9 dirilis. Untuk yang terakhir ini kemungkinan besar toko program komputer yang dimaksud juga menjualnya, walaupun mungkin mereka tidak bisa membedakan RedHat Linux dan RedHat Enterprise Linux; dan tentunya hampir dapat dipastikan RedHat Enterprise Linux yang mereka jual adalah bajakan.

Ketika ‘RedHat Linux 9′ melintasi otak saya, tebakan liar saya mengatakan bahwa itu adalah distro keluaran sekitar tahun 2000, “Hare gene masih pakai RedHat 9?”. Ternyata Wikipedia mengatakan tahun 2003, hanya dalam waktu empat tahun RedHat merilis tak kurang dari sembilan versi distribusi Linux! Perkembangan Linux yang begitu cepat membuat saya berpikir bahwa RedHat Linux 9 sepertinya dirilis pada abad kemarin, tetapi ternyata belum genap empat tahun RedHat Linux 9 dirilis.

Walaupun demikian, rasanya sudah waktunya toko-toko yang menjual perangkat lunak berhenti menjual distribusi-distribusi jaman baheula. RedHat Linux 9 hanyalah salah satu contoh, masih ada yang lebih parah lagi. Misalnya saja akhir-akhir ini saya pernah melihat RedHat Powertools dan Linux Mandrake 8 bertengger di etalase mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s