tips n trik menjaga kolesterol

Menyebut kata Kolesterol pasti bergidik ngeri membayangkan apa jadinya jika kita mengidap panyakit tersebut. Kolesterol adalah suatu zat lemak yang beredar di dalam darah, diproduksi oleh hati dan sangat diperlukan oleh tubuh. Tetapi, kolesterol berlebih akan menimbulkan masalah, terutama pada pembuluh darah jantung dan otak.

Setiap orang memiliki kolesterol di dalam darahnya, di mana 80% diproduksi oleh tubuh sendiri dan 20% berasal dari makanan. Kolesterol darah yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung yang dapat menimbulkan serangan jantung dan penyumbatan pada pembuluh darah otak yang dapat menimbulkan serangan stroke.
<!–
google_ad_client = “pub-3242502446476602″;
/* 180×90, dibuat 08/12/11 */
google_language=”en”;
google_ad_slot = “7337059254”;
google_ad_width = 180;
google_ad_height = 90;
//–>

window.google_render_ad();Satu-satunya cara memantau kadar kolesterol dan lemak darah adalah dengan melakukan pemeriksaan contoh darah yang diambil setelah Anda melakukan puasa selama satu malam atau 10-12 jam.

Sebenarnya untuk menghindari kolesterol tinggi ada beberapa cara yang mudah Anda terapkan, antara lain:

  1. Pertahankan pola makan sehat dan seimbang dengan diet rendah lemak dan kolesterol.
  2. Ganti susu cair biasa dengan skim atau susu tanpa lemak, lemak padat dengan minyak nabati cair, mentega dengan margarine.
  3. Kurangi makan daging, telur dan produk susu.
  4. Hindari kue-kue kering, makanan yang digoreng dan batasi makanan ringan.
  5. <!–
    google_ad_client = “pub-3242502446476602″;
    /* 250×250, dibuat 08/12/11 */
    google_language=”en”;
    google_ad_slot = “7585157446”;
    google_ad_width = 250;
    google_ad_height = 250;
    //–>

    window.google_render_ad();Perbanyak konsumsi serat yang larut air seperti gandum, kacang-kacangan, buah-buahan.

  6. Batasi konsumsi alkohol.
  7. Perbanyak konsumsi ikan.
  8. Konsumsi kedelai dan hasil olahannya seperti susu kedelai dan tempe.
  9. Olahraga sesuai dengan umur dan kemampuan.
  10. Pertahankan berat badan normal.
  11. Tidak merokok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s