tips memulai fitness

Bagi Anda yang memutuskan untuk memulai melakukan kegiatan fitnes, tidak ada salahnya mengikuti tips-tips di bawah ini sebelum memulai aktivitas fitnes, agar terasa nyaman dan tidak mengalami cedera di awal latihan.

 

– Warmup, pemanasan dapat Anda lakukan selama 5-10 menit, dengan melakukan lari-lari kecil ditempat, jalan jongkok serta melakukan pelemasan pada pergelangan tangan.

 

– Muscular Strenght, setelah pemanasan sebentar, baru Anda dapat melakukan latihan angkat beban atau barbel, itupun hanya dengan beban berat yang standar, dari mulai 2-4 kg. Lakukan selama 5-10 menit.

 

– Muscular Endurance, Anda dapat melanjutkan dengan push up, sit up, dan pull up, masing-masing selama 5 menit.

 

– Cardio Respiratory Endurance, Lanjutkan dengan melakukan olahraga yang menggunakan tangan, seperti renang atau bulutangkis.

 

– Flexibility, lari di sekitar komplek atau lari di tempat selama 10 menit.

 

– Cool Down, yang ini dilakukan sambil jalan santai mengelilingi taman selama kurang lebih 15 menit.

 

Yang perlu diperhatikan disini adalah tidak semua orang dapat melakukan langkah-langkah diatas sebagai penunjang kegiatan fitnes Anda, seperti mereka yang berusia 35 tahun ke atas, dan memiliki riwayat penyakit yang cukup parah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda agar latihan tidak menimbulkan akibat yang merugikan diri sendiri, misalnya penyakit yang Anda derita menjadi kambuh dan menyerang dengan tingkatan yang lebih tinggi. Mereka adalah yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, hepatitis, penderita vertigo, mempunyai masalah dengan pernafasan, penyakit tulang, bermasalah dengan otot-otot di sekujur tubuh, memiliki kandungan kolesterol yang tinggi atau Anda salah seorang keturunan penderita stroke.

 

Nah, bagi Anda yang tidak bermasalah dengan kesehatan, cukup lakukan langkah-langkah di atas minimal seminggu, yang dilakukan setiap hari, sebelum memulai olahraga fitness. Yang ditunjang dengan makanan yang berkualitas dan pola hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s