membakar lemak dgn efektif

High Intensity Interval Training adalah sebuah jenis latihan hasil studi para ahli kebugaran dimana hasil studi menunjukkan bahwa metode ini lebih efektif daripada latihan aerobik yang konstan atau jogging. Latihan ini akan meningkatkan performansi dengan latihan yang singkat. HIIT ini merupakan salah satu bentuk latihan kardio yang sangat berguna untuk membakar lemak dalam latihan yang singkat dan intensif. Umumnya HIIT memiliki durasi 15-30 menit.
Salah satu model latihan yang sederhana dari HIIT ini adalah seperti kombinasi lari(kecepatan tinggi) dan jogging (kecepatan sedang). Umumnya rasio yang digunakan adalah 1:2 dimana anda melakukan 60 detik jogging dan 30 detik lari.
Jadi model latihan yang anda lakukan akan berupa jogging – lari – jogging – lari – joggin – lari dst.
Saya yakin anda mulai penasaran dengan cara berlatih ini dan ingin segera mempraktekkannya, tetapi harap dibaca dulu artikel ini sampai selesai. Lakukan pemanasan terlebih dulu selama 5 menit jogging. Kemudian bagi pemula lakukan siklus jogging – lari ini sebanyak 6 siklus maksimal (Untuk yang mahir silakan dilakukan hingga 8 siklus).
Setelah menyelesaikan semua siklus tersebut lakukan pendinginan berupa jogging dan jalan.
Proses ini membuat tubuh anda berapa diluar zona kenyamanan terus dibandingkan dengan jogging atau lari saja. Jika kita melakukan satu hal tertentu berulang-ulang tanpa ada perubahan maka tubuh akan memasuki zona kenyamanan dan bisa melakukan adaptasi sehingga pembakaran lemak tidak secepat saat awal anda berlatih (hebat bukan tubuh kita?)
Tetapi jika anda merubah terus menerus prosesnya dengan cara HIIT ini maka tubuh anda akan terus berusaha maksimal sehingga konsumsi oksigen (dan termasuk lemak yang dibakar) menjadi maksimal juga. Hal ini sudah melalui studi dari King, dimana konsumsi oksigen saat melakukan HIIT mencapai lebih daripada aerobik dan bahkan setelah berlatih pun konsumsi oksigen yang tinggi terus berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s