wisata kuliner di samarinda

hmmm….berlibur blm lengkap klo belum mencicipi makanan atau masakan khas daerah yang kita kunjungi. wisata kuliner wajib dilakukan buat manjaaiiin perut.hahahaa

kali perjalanan akan menuju samarinda di kalimantan timur. Mengunjungi kota Samarinda yang dibelah oleh sungai terbesar di Kalimantan Timur, Mahakam, pastinya akan rugi jika tidak mampir ke tempat wisata kuliner dan mencicipi khas makanan setempat. Sebagai kota yang multipot, terdiri dari beragam suku, membuat kuliner khas Samarinda menjadi beragam.

Suku dominan yang mendiami Samarinda adalah suku Banjar, Kutai, Bugis, Jawa dan Madura (semuanya satu bangsa : indonesia cuuuyyyy…). Berpadunya keragaman suku ini juga mendorong modifikasi cita rasa makanan, misalnya nasi kuning dengan cita rasa Madura yang kuat pada ladanya. Makanan khas ini umumnya tersedia sepanjang hari, kecuali nasi kuning dan lontong yang menjadi makanan khas di pagi hari.

Berikut adalah beberapa tempat wisata kuliner yang direkomendasikan untuk dicoba.
1.    Nasi Kuning

Nasi kuning hampir dapat ditemui di setiap ruas jalan di Kota Samarinda. Makanan khas yang hanya dijual di pagi hari dilengkapi dengan serundeng kelapa, dan lauk yang dimasak merah atau bumbu bali. Nasi kuning dengan cita rasa Madura dilengkapi dengan suun goreng dan rasa bumbu balinya sedikit mirip  bumbu sate Madura. Nasi kuning yang terkenal terdapat di depan Hotel Senyiur,jalan Diponegoro dan di jalan Suryanata.

2.    Soto Banjar

Soto Banjar tidak memakai santan dalam kuahnya. Dilengkapi dengan ayam suwir, perkedel kentang, suun rebus, irisan telur rebus, dan irisan daun seledri. Biasanya soto ini dimakan dengan ketupat. Soto Banjar terkenal terdapat di RM Syari,Jl. Sudirman, dekat Bank Syariah Mandiri Pasar Pagi. Selain itu juga di RM Amado Jl HIdayatullah.

3.    Ayam Banjar

Merupakan ayam goreng kering dengan rasa yang khas. Sambel dengan potongan jeruk dan sambel goreng ati menjadi pelengkap makanan ini. Juga dimakan dengan ditemani sayur bening atau sayur santan labu kuning. Ayam Banjar yang direkomendasikan terdapat di RM Makan Banjar Jl. Khabul Hasan di depan kuburan muslimin.

4.    Sate Banjar

Sate ini bebas lemak dan kulit. Bumbu kacangnya bercita rasa manis. Sate banjar bisa dimakan dengan ketupat atau nasi dilengkapi potongan timun sebagai lalap. Sate Banjar terkenal terdapat di RM Syari.

5.    Bubur Ayam Banten

Bubur ayam ini khas karena menggunakan kuah. Buburnya sendiri sudah gurih, dilengkapi dengan ayam suwir, irisan telur rebus, potongan tomat, irisan daun bawang dan seledri, dan emping goreng. Dapat dijumpai di Komp Prefab, Jl Harmonika, di depan Kantor Bapedalda.

6.    Ikan Bakar Akmal

Sambal khas rumah makan ini, menjadikan semua makanan yang disajikan terasa lezat.Ikan yang tersedia adalah patin, bandeng, ikan bawal, ikan nila dan lain-lain. Juga tersedia udang dalam ukuran sedang. RM Akmal terdapat di Jl Awang Long, di depan Telkom.

7.    Seafood

Terdapat seafood berbagai jenis yang diolah dengan berbagai cara. Salah satu rumah makan yang seafood yang ramai dikunjungi adalah RM Pondok Borneo yang terdapat di Jl Khabul Hasan.Selain itu juga Pondok Harry Crab ang berlokasi di Komp Prefab, dipinggir Jl Pahlawan.

8.    Gado-Gado Kemuning

Hanya dijual di pagi hari. Biasanya di atas jam 10 pagi, gado-gado ini sudah habis.Disiram dengan kuah kacang dan dilengkapi dengan potongan tahu, krupuk dan sayuran rebus kangkung dan taoge. Terdapat di Jl Kemuning, di belakang Mal Mesra Indah.

9.    Bakso Awang Long

Pada awalnya bakso ini dijual di Jl Awang Long. Setelah terbakar, kemudian pindah di daerah Air Hitam, dekat turunan Jl Pembangunan. Terdapat bakso urat dan bakso daging. Dimakan dengan menggunakan mie kuning basah. Bakso ini bercitarasa Jawa.

10.    Masakan Khas Kutai

Rumah makan yang terkenal menyediakan masakan khas Kutai  adalah Pondok Selera, Jl Kadri Oening. Berbagai macam masakah khas seperti rojak singkil, puyu bakar, terong bakar, gangan asam dan banyak lagi.

Nah, selamat memilih tempat wisata kuliner di Kota Samarinda!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s