manfaat sebenarnya minum susu

Kita sempat pernah mendengar kalo susu itu tidak bermanaat buat tubuh kita. susu sapi cm bisa bermanfaat buat anak sapi. sedangkan buat manusia air susu ibu lah yang paling baik dikonsumsi dan paling bermanfaat. padahal udah turun temurun manusia mengambil manfaat dari susu. jadi apa sebenernya manfaat susu???

berikut diantaranya :

Pertama, sumber kalsium

Susu sebagai jaminan tulang kuat karena kandungan kalsiumnya, masih melekat di benak seluruh penduduk dunia. Padahal kalsium masih bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau atau kacang tertentu. Kuatnya pendapat itu juga cukup berdasar, karena kalsium dari bahan hewani memang lebih mudah diserap tubuh daripada yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Kedua, mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Selain menguatkan tulang, susu punya manfaat lain: menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Mengapa? Kalsium bisa mencegah penggumpalan darah, memperlancar penyampaian impuls syaraf dan menstabilkan detak jantung.

Ketiga, mengurangi risiko kanker kolon

Berdasarkan studi, minum satu hingga dua gelas susu per hari bisa mengurangi risiko terkena kanker kolon. Namun lebih dari dua gelas susu per hari tidak berarti semakin memperkecil risiko terkena kanker.

Nah, susu tidak baik jika…

* Diminum lebih dari 3 gelas sehari! Hasil studi menunjukkan minum susu lebih dari 3 gelas sehari bisa meningkatkan risiko terkena kanker rahim. Hal ini disebabkan kandungan galaktosa yang terbentuk saat susu dicerna dalam tubuh, bisa merusak rahim.

* Tinggi lemak. Susu full cream sebaiknya dihindari ketika Anda sudah tidak lagi berada di masa pertumbuhan. Kandungan lemak jenuh yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

* Asupan tinggi kalsium kabarnya juga bisa memicu kanker prostat pada pria. Studi menunjukkan, pria yang yang minum dua atau lebih susu per hari risikonya meningkat dua kali untuk terkena kanker prostat.

* Jika Anda tidak tahan laktosa (lactose intolerant), mengonsumsi susu akan membuat Anda mengalami kembung, kram perut dan diare.

Hei, jadinya minum susu atau tidak?

Mengingat manfaat susu yang tidak tergantikan bahan lain, dianjurkan tetap minum susu walau dalam dosis terbatas, yaitu cukup satu gelas per hari. Pilih susu yang low fat, tanpa tambahan gula, mentega, zat warna, dan zat perasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s