FGD Test

Perihal Tes Diskusi Kelompok (FGD)

 

FGD Test alias Focus Group Discussion atau lebih dikenal dengan (“Ujian Diskusi Kelompok (Selanjutnya disebut FGD”)adalah salah satu tahap ujian dalam proses seleksi penerimaan calon pegawai/karyawan pada sebuah perusahaan atau instansi yang sedang trend saat ini.

 

Apa sih FGD itu..?

FGD adalah sebuah pengkondisian situasi dimana para peserta FGD dikelompokkan dengan jumlah tertentu (antara 4-10 orang) dengan diberikan satu atau lebih pokok tema bahasan.

 

Bagaimana FGD berlangsung..?

Biasanya Panitia atau tim penguji akan memberikan informasi secukupnya baik lisan maupun tertulis yang berisi sebuah Cerita dengan suatu inti masalah dan pilihan-pilihan yang dapat dipilih oleh peserta.

 

Kemudian peserta diskusi diminta untuk memulai diskusi untuk memecahkan masalah tersebut bersama-sama dengan teman diskusi dalam satu kelompok. Perserta diharapkan dapat memberikan pendapat, pertanyaan, sanggahan dan solusi pemecahan masalah atas tema bahasan yang diberikan panitia.

 

Apa biasanya yang didiskusikan dalam sebuah FGD..?

Tema yang biasanya diberikan adalah: Berita terkini mengenai suatu isu, seperti isu politik, ekonomi atau pendidikan. Dimungkinkan juga mengenai situasi dengan perumpamaan para peserta merupakan korban suatu bencana dengan diberikan pilihan-pilihan solusi. Setiap peserta diharapkan dapat memberikan pendapat atas pilihannya dan dapat ditanggapi oleh peserta lain.

 

Apa yang dinilai dari FGD..?

FGD dimaksudkan untuk dapat menilai masing-masing peserta dalam menghadapi simulasi masalah. Bagaimana peserta dapat memebrikan pendapat, sangghana atau pertanyaan dan solusi yang diambil. Cara komunikasi yang efektif dan efisien sangat dibutuhkan dalam FGD ini.

 

Apakah dominasi dalam diskusi merupakan hal yang baik dan positif?

Sikap proaktif sangat dihargai namuntidak terkesan agresif. Penilain terbaik bilamana peserta dapat memimpin dan mengarahkan diskusi untuk mendapatkan solusi masalah dengan runut, sistematis dan efektif.

 

Apa yang harus dihindari dalam FGD..?

Sikap agresif, menjatuhkan pendapat peserta lain secara ekstrim, frontal dan tidak sopan. Sikap diam merupakan kartu mati dan sangat tidak diharapkan tim penilai/panitia.

 

Apa yang baik dan harus dilakukan…?

Sikap bicara yang sopan dan dengan arah pandang yang mantap pada setiap peserta lainnya. Gestur tubuh seperti gerak ikutan tangan atau mimic muka tidak berlebihan dan seperlunya. Hal terpenting tentu saja penguasaan materi yang menjadi tema pokok bahasan.

 

Berapa lama FGD biasanya berlangsung?

Biasanya tidak lebih dari 20 menit.

 

Apakah FGD dilaksanakan dengan Bahasa Indonesia?

Kemungkinan besar dilakukan dengan bahasa Indonesia, namun bagi perusahaan multinasional dan Instansi Kedinasan Bahasa Inggris akan menjadi bahasa diskusi.

 

Apa Yang perlu dipersiapkan dalam FGD..?

Rasa percaya diri. Penguasaan materi. Berpakaian rapid an sesuai anjuran panitia. Bersikap sopan dan tentu saja harus gosok gigi.

 

Apakah FGD membutuhkan persiapan lainnya..?

Tentu saja. Pastikan Anda tidak terlambat mengikuti ujian ini. bangun pagi n jangan begadang…gud luck guys..:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s