enaknya menjadi management trainee

group-businesspeople“Wah, disini enak, mas. Ga usah mikirin kost, ga perlu bingung nyari tempat makan yang sesuai dengan budget, dan ga perlu capek-capek nyuci sepulang kantor. Semua sudah disediakan perusahaan. Tidur di mess, kamar ber-AC. Makan disediakan 3 x sehari. Dari mess ke kantor selalu antar jemput mini bus perusahaan. Salary-nya turah-turah (baca:sisa-red) untuk ukuran single, sebulan aku bisa saving 2,5 juta lho. Malah dua minggu ini beratku udah naik 2 kilo, mas. ”

*Cerita MT sebuah perusahaan kontraktor tambang berkantor pusat di Jakarta

Program Management Trainee/MT (ODP-nya Bank Mandiri, EDP-nya BCA, PPE-nya Bank Niaga, atau PCPM-nya BI) biasanya selalu menarik bagi para fresh graduate karena program tersebut menawarkan fast-track jika dibandingkan melalui career path standar.

Misalnya, untuk menduduki posisi supervisor, seorang karyawan membutuhkan waktu hingga 9 tahun. Namun melalui program MT, seseorang bisa meraihnya dalam 1 hingga 2 tahun saja.

Tentu saja untuk mengikuti program ini harus melalui jalur khusus. Dalam proses rekrutmen, syaratnya pun jauh lebih ketat dibandingkan untuk posisi staf biasa. Misalnya, dari segi IPK diatas 3.00, memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan komunikasi yang baik, serta berpengalaman dalam organisasi.

Tujuan program ini adalah kaderisasi, yaitu menyiapkan next leader untuk perusahaan. Para trainee adalah orang-orang pilihan dengan misi khusus dan harus mengalami masa rotasi.  Lamanya bervariasi, ada yang enam bulan dan ada yang satu tahun.

Selama masa ini para trainee akan dirotasi ke semua bagian yang ada. Di setiap bagian mereka belajar dan biasanya pada akhir periode mereka harus membuat laporan dan rekomendasi apa yang menurut mereka dapat diperbaiki di bagian tersebut.

Pandangan para trainee ini biasanya lebih objektif karena mereka belum lama terlibat dan tidak memiliki kepentingan apapun terhadap apa yang mereka usulkan.

Ada yang mau memberi tambahan???

semoga bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s