Membentuk otot bahu (Deltoid)

Otot bahu adalah salah satu bagian penting dalam seluruh latihan Anda pada tubuh bagian atas. Berbagai alasan dikemukakan oleh kaum pria untuk membentuk otot bahu mulai dari meningkatkan kepercayaan diri hingga menjaga keseimbangan tubuh.

Yuk kenali Otot Bahu Anda Agar Latihan Lebih Maksimal Yuk, kenali Otot Bahu Anda Agar Latihan Lebih Maksimal!

Sebelum Anda melatih otot bahu, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu susunan otot bahu pada manusia agar bisa memaksimalkan latihan otot bahu Anda.

Susunan dan fungsi tulang bahu

Bahu terdiri dari tiga tulang yaitu klavikula (tulang selangka), skapula (tulang belikat), dan humerus (tulang lengan atas) serta otot-otot terkait seperti ligamen, dan tendon. Artikulasi dari 3 tulang tersebut membentuk sendi bahu, yang dikenal sebagai sendi utama pada bahu yaitu sendi glenohumeral.

Dalam anatomi manusia sendi bahu terdapat diantara tulang humerus yang melekat pada tulang skapula.

Susunan sendi bahu

Sementara di dalam sendi bahu terdapat dua jenis tulang rawan yang disebut tulang rawan putih atau tulang rawan artikular dan Labrum . Tulang rawan putih adalah sebuah permukaan halus berkilau yang menutupi ujung 3 tulang pada bahu yang berartikulasi membentuk sendi dan membantu agar tulang dapat bergerak satu sama lain. Tulang rawan ini sangat rentan terserang artritis.

Sedangkan tulang rawan yang kedua pada sendi bahu yaitu labrum, berbeda dengan tulang rawan artikular, labrum lebih berserat dan lebih kaku, bentuknya melingkar melingkupi bola dan soket sendi pada bahu, namun ditemukan pula di sendi bagian pinggul. Labrum berfungsi untuk meningkatkan kongruensi dan stabilitas sendi.

Bahu harus cukup aktif untuk berbagai tindakan oleh lengan, namun juga harus tetap stabil untuk memungkinkan tindakan seperti mengangkat, mendorong, dan menarik. Kolaborasi antara aktif dan stabil sangat diperlukan untuk membantu kinerja bahu Anda.

Salah satu cara meningkatkan kinerja bahu Anda adalah dengan selalu rutin melatih dan membentuk otot bahu Anda dengan baik dan benar.

Bagian-bagian otot bahu

Ada 3 bagian utama pada otot bahu yang bisa Anda latih yaitu Anterior Deltoid (bahu depan), Middle Deltoid (bahu tengah) dan Posterior Deltoid (bahu belakang). Selain itu terdapat juga Rotator Cuff (manset rotator) yang terdapat pada kelompok otot dan tendonnya yang berfungsi menstabilkan bahu.

Dengan memberikan latihan yang intesif pada masing-masing bagian otot tersebut memungkinkan Anda untuk meningkatkan kinerja bahu Anda.

Selain itu membentuk otot bahu juga diyakini oleh sebagian kaum pria sebagai ‘alat’ untuk menunjang penampilan serta dapat meningkatkan rasa percaya diri dan tidak sedikit pula para atlet binaraga mengidamkan otot bahu yang ideal sebagai ‘modal’ mengikuti kontes binaraga yang ada.

Apa saja latihan yang tepat untuk masing-masing bagian otot bahu?

Sebenarnya ada banyak jenis latihan untuk melatih otot bahu, namun dalam artikel ini, duniafitnes.com akan membagi jenis latihan sesuai dengan bagian otot bahu serta latihan yang dapat memengaruhi seluruh otot bahu dalam sekali gerakan sekaligus.

Anterior Deltoid (bahu depan)

Front Two-Dumbbell Raise

frontwo dumbbell raise Yuk, kenali Otot Bahu Anda Agar Latihan Lebih Maksimal!

Pilih dan pegang dumbbell yang beratnya sudah disesuaikan
Berdiri tegak dan tangan di depan paha dengan telapak tangan menghadap paha (posisi awal)
Kemudian angkat dumbbell ke depan dengan siku tangan sedikit ditekuk hingga dumbbell sejajar dengan bahu (agar target otot lebih fokus pada bahu depan posisikan telapak tangan saling berhadapan)
Turunkan perlahan ke posisi awal
Ulangi sebanyak 3 set x 12 repetisi
Buang napas saat mengangkat dumbbell dan tarik napas saat menurunkan dumbbell

Middle Deltoid (bahu tengah)

Side Lateral Raise

Side Lateral Raise3 Yuk, kenali Otot Bahu Anda Agar Latihan Lebih Maksimal!

Pilih dan pegang dumbbell pada kedua tangan
Berdiri tegak lurus dengan tangan disamping tubuh Anda (posisi awal)
Tahan batang tubuh Anda pada posisi stasioner (tidak goyang)
Angkat dumbbell ke samping dengan siku tangan sedikit ditekuk dan tangan sedikit miring
Kemudian turunkan ke posisi awal
Lakukan 3 set x 12 repetisi
Buang napas saat mengangkat dumbbell dan tarik napas saat menurunkan dumbbell

Posterior Deltoid (bahu belakang)

Rear deltoids Machine

rear deltoid Yuk, kenali Otot Bahu Anda Agar Latihan Lebih Maksimal!

Duduk pada mesin rear deltoids dan sesuaikan beban
Dada menempel pada pad yang tersedia dan badan tegak lurus
Pegang handle dengan kuat
Siku tangan sedikit ditekuk (posisi awal)
Kemudian tarik kesamping
Kembali ke posisi awal
Ulangi sebanyak 3 set x repetisi
Buang napas saat menarik

Seluruh bagian otot bahu

Machine Shoulder Press

machine shoulder press3 Yuk, kenali Otot Bahu Anda Agar Latihan Lebih Maksimal!

Duduklah pada mesin shoulder press dan sesuaikan beban Anda
Posisi tubuh lurus
Pegang handle alat tersebut
Siku tangan menghadap kebawah dan telapak tangan menghadap ke luar (posisi awal)
Kemudian dorong keatas dan rasakan kontraksi pada seluruh otot bahu
Turunkan perlahan ke posisi awal
Lakukan 3 set x 12 repetisi
Buang napas saat mendorong dan tarik napas saat menurunkan beban

kesimpulan

Jadi fitnes mania, dalam sebuah latihan mengangkat beban atau latihan otot bahu, tidak harus terlalu lama atau terlalu banyak jenis latihannya, namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana sebuah latihan itu benar-benar mengenai target bagian otot yang Anda inginkan dengan tepat.

Semoga bermanfaat dan selamat berlatih!

Iklan

sifat dan karakter seseorang berdasarkan golongan darah

Pada dunia psikologi, ada berbagai macam metode yang digunakan dalam membaca karakter seseorang. Salah satunya adalah pada golongan darah seseorang.

Sampai saat ini akurasi tentang karakter seseorang berdasarkan golongan darah belum mendapatkan validasi secara medis. Karena itu, kebenarannya masih diperdebatkan secara subjektif.

Walaupun begitu, banyak orang-orang yang mempercayainya, sebab, terkadang memang sesuai dengan karakter mereka. bahkan negara dengan tingkat perkembangan teknologinya yang canggih seperti Jepang sangan mempercayai hal ini.

Ada yang berpendapat bahwa sumber utama yang menimbulkan adanya perbedaan-perbedaan dari kepribadian setiap manusia disebabkan oleh tiga faktor, yaitu : faktor pembawaan (heriditas), faktor lingkungan (environtment) dan faktor struktur diri.

Pada dasarnya ciri-ciri pembawaan manusia yang essensial dari berbagai “ras” dan kelompok “etnis” adalah sama, tetapi sifat-sifat spesifik yang disembunyikannya pada masing-masing individu sangat bervariasi setiap individu pada saat konsepsi menerima warisan genetik dari kedua orang tuanya yang akan memberikan potensi bagi perkembangan dan tingkah lakunya sepanjang hidupnya.

 

KARAKTER SECARA UMUM :
A : Terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (karena perfeksionis) yang kadang bikin org mudah sebel, mudah cemas atau gugup, biasa menekan perasaan sehingga terlihat tegar, keras terhadap orang-orang yang tak sependapat dengannya,kecenderungan politik: ‘destra’

B : Nyantai, easy going, bebas dan sangat menikmati hidup, cenderung punya banyak hobby, kalo sedang fokus dengan sesuatu biasanya melalaikan hal lainnya, kalo lagi suka dengan sesuatu biasanya menggebu-gebu tapi cepat bosan, ingin menjadi nomor satu dalam berbagai hal, tidak suka bergaul dengan banyak orang, bisa memilih mana yang lebih penting dari sekian banyak hal yang dikerjakannya, kecenderungan politik: ’sinistra’

O : Berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yang detil, fleksibel dan mudah menerima hal-hal baru, mudah terpengaruh oleh orang lain atau dari apa yang dilihat di TV, biasanya disukai oleh semua orang, mudah menutupi perasaan sehingga terlihat selalu riang dan tak punya masalah tapi kalo sudah nggak tahan akan mencari tempat curhat, kecenderungan politik: ‘centro’

AB : Unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, lembut, sensitif, penuh perhatian dengan perasaan orang lain, sering menjadi orang yang sentimen dan memikirkan sesuatu terlalu dalam,kecenderungan politik : “sinistra”

 

Golongan Darah A

Orang yang masuk dalam golongan darah A ini, mempunyai sel darah merah yang mengandung antigen A. Orang dengan darah jenis ini, secara umum memiliki kepala yang dingin, cenderung sabar dan juga tak banyak biacara.

Ia juga seseorang yang serius dan cenderung cool. Si A ini juga kabarnya tegas dan bisa dipercaya.

Biasanya, sebelum memulai sesuatu, seseorang dengan golongan darah A akan memikirkan semua hal secara matang. Mereka memang seorang perencana ulung yang melakukan semuanya secara sungguh-sungguh dan juga konsisten. Mereka suka tampil sewajarnya, dan memberi apa yang mereka anggap ideal bagi diri mereka sendiri.

Untuk membaca karakter berdasarkan golongan darah A ini lumayan sulit, sebab mereka introvert. Mereka suka menyendiri dan membatasi campur tangan orang lain dalam urusan mereka.

Jika dikorek lebih dalam, mereka yang bergolongan darah A ini sesungguhnya sangat rapuh juga lembek. Mereka mudah gugup. Hanya saja, mereka mampu menekan semua perasaan tersebut, sehingga yang tampil di luar justru hal yang sebaliknya.

Dalam hal berargumen, si A ini cendrung keras dan sukar mengalah. Namun keras dan sukar mengalah tersebut tidak ditunjukkan dengan emosi melainkan dengan cara selektif memilih teman.

Biasanya mereka hanya berteman dengan orang-orang dengan pemikiran yang sejalan dengannya.

 

Golongan Darah B

Secara umum, seseorang yang bergolongan darah B cenderung liar, aktif dan suka bergerak, ceria tetapi cukup egois, sedikit arogan dan agak susah untuk diberi tanggungjawab.

Si B ini sangat mudah penasaran dan tertarik pada banyak hal. Oleh sebab itu wajar jika kemudian mereka punya banyak hobi dan kegemaran. Meski demikian, mereka yang di awal suka menggebu-gebu, cenderung mudah bosan.

Meski demikian, mereka cukup jeli melihat skala prioritas dalam segala hal. Karakter golongan darah B ini mudah dibaca, mereka mau menjadi seseorang yang unggul dalam satu komunitas.

Si B ini tak bisa mengerjakan dua hal dalam satu waktu, meski tampilan luarnya mereka terlihat ceria dan cemerlang. Mereka adalah tipe orang yang tidak suka bergaul dengan banyak orang. Golongan darah B ini memiliki otak yang cerdas juga rasa humor yang baik.

 

Golongan Darah AB

Karakter mereka yang memiliki golongan darah AB sedikit sulit untuk ditebak. Mereka seolah memiliki dua kepribadian yang bertolak belakang. Di sisi lain mereka pemalu, namun di sisi lainnya mereka sangat terbuka dalam hal apapun.

Si AB ini mudah beralih dari sifat yang satu ke sifat lainnya. Mereka adalah orang-orang yang bisa dipercaya juga memiliki rasa tanggungjawab yang sangat tinggi. Meski demikian, mereka bukan orang yang suka dituntut, sebab tekanan justru membuat mereka tidak bisa mengambil keputusan apa-apa.

Mereka yang memiliki golongan darah AB ini suka seni sekaligus hal-hal metafisika lainnya. Mereka cerdas namun hidup dengan aturan yang mereka inginkan sendiri. Karena hal ini maka di Jepang seseorang dengan golongan darah AB banyak diajuhi khususnya dalam suasana kerja.

Bahkan di perusahaan, pimpinan biasanya membagi pekerja berdasarkan golongan darahnya, dan sayangnya si AB ini jarang diajak bekerjasama.

Golongan Darah O

Golongan darah O ini biasanya memiliki karakter yang mampu menciptakan harmonisasi dan gairah di dalam sebuah komunitas. Mereka memang sosok yang menerima dan melaksanakan sesuatu dengan tenang. Mereka juga figure yang sanggup menyimpan sesuatu hingga satu orang pun tak tahu.

Mereka terlihat riang juga damai. Akan tetapi saat masalah mereka memuncak, biasanya mereka akan mencari seseorang yang biasa diajak untuk berbagi. Golongan darah O ini merupakan tipikal yang dermawan atau murah hati.

Mereka mudah terpengaruh oleh apa yang dilihatnya. Hal tersebut dikarenakan sifat fleksibelnya yang tinggi. Mereka banyak dicintai orang lain, kuat dan penuh dengan percaya diri.

 

BERDASARKAN URUTAN :

DALAM HAL KARAKTER KHAS :
Yang Paling Sering Ngaret Kalau Janjian :

B (karena nyantai)
O (karena flamboyan)
AB (karena gampang ganti program)
A (karena gagal dalam disiplin)

Yang Paling Disukai Untuk Jadi Teman :
O (orangnya sportif)
A (selalu on time dan persis)
AB (kreatif)
B (tergantung mood)

DALAM HAL KEMAMPUAN INDIVIDUAL :
Yang Paling Banyak Meraih Medali di Olimpiade Olah Raga :

O (jago olah raga)
A (orangnya akurat dan matematis)
B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Tipe ini dimiliki kebanyakan atlit Judo dan renang Jepang)
AB (alergi pada setiap jenis olah raga)

Yang Paling Banyak Jadi Direktur dan Pemimpin :

O (karena berjiwa leadership dan problem-solver)
A (karena berkepribadian tekun dan teliti)
B (karena sensitif dan mudah ambil keputusan)
AB (karena kreatif dan suka ambil resiko)

Yang Paling Gampang Nabung:
A (suka menghitung bunga bank)
O (suka melihat prospek)
AB (menabung karena punya proyek)
B (baru menabung kalau punya uang banyak)

DALAM HAL KESEHATAN :
Yang Paling Panjang Umur :
O (tidak gampang stress, antibodinya paling baik)
A (hidup teratur)
B (mudah cari kompensasi stress)
AB (amburadul)

Yang Paling Cepet Tertidur:

B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk)
AB (tergantung kehendak)
A (tergantung aturan dan orario)
Yang Tidurnya Paling Nyenyak dan Susah Dibangunkan :

B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
O (baru tidur kalau benar-benar capek dan membutuhkan)

Yang Paling Gampang Flu/Demam/Batuk/Pilek :

A (lemah terhadap virus dan penyakit menular)
AB (lemah terhadap non higienis)
O (makan apa saja enak atau nggak enak)
B (makan, tidur nggak teratur)

Penyakit Yang Mudah Menyerang :

A (stress, pusing)
B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)
AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)

Yang Paling Gampang Gendut:
O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi) hahaahha…. bener banget nih….
B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
A (hanya makan apa yang ada di piring, terpengaruh program diet)
AB (makan tergantung mood, mudah kena anoressia)

Berdasarkan hasil penelitian :
Perdana Menteri Jepang rata-rata bergolongan darah O, karena mereka berjiwa pemimpin.
Mahasiswa di Universitas Tokyo (Tokyo University) pada umumnya bergolongan darah B.
Yang paling cocok jadi MC adalah orang dengan golongan darah A karena mereka seperti ’Planner’ berjalan.
Yang paling gampang digigit nyamuk adalah orang dengan golongan darah O karena (katanya) darahnya manis.

okeh sekian sobat.. Semoga bermanfaat..

fr : kaskus

mengatasi hipertensi

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyebab penyakit jantung, pembunuh nomor satu di dunia. Oleh karena itu, mempertahan tekanan darah normal sangat penting untuk menghindari penyakit jantung dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Untuk mengontrol tekanan darah, sebagian besar ahli setuju kalau mempertahankan berat badan sehat merupakan cara yang sangat ideal. Karena itu, jika Anda kelebihan berat badan, berkonsultasilah dengan dokter dan pakar diet untuk menentukan berat ideal Anda dan pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Bagi beberapa orang, program olahraga yang teratur, serta program pengurangan stres seperti meditasi dan yoga efektif untuk menurunkan tekanan darah atau mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu, sebagian besar orang sensitif terhadap garam, oleh karena itu hindarilah makanan kalengan olahan. Mengurangi konsumsi garam bisa menurunkan tekanan darah.

Penelitian menunjukkan, komponen diet tertentu bisa membantu menurunkan atau mempertahan tekanan darah yang sehat. Pastikan Anda mengikutsertakan 5 komponen nutrisi berikut ke dalam daftar diet Anda untuk membantu menurunkan tekanan darah.

 

1. Kalium

Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa diet rendah sodium tidak akan berhasil jika kandungan kalium diet juga rendah. Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi kalium dan rendah sodium bisa membantu menurunkan tekanan darah. Untuk mencapai hasil kesehatan yang maksimal, para peneliti merekomendasikan rasio perbandingan kalium dengan sodium sebesar 5:1. Pada umumnya, buah-buahan dan sayuran merupakan sumber kalium terbaik, khususnya buah dan sayuran yang berwarna terang.

 

2. Mineral

Magnesium merupakan mineral yang sangat penting untuk sistem saraf. Kekurangan magnesium ditandai dengan gejala seperti tekanan darah tinggi, retensi air dan depresi. Anda juga sebaiknya mengurangi konsumsi alkohol karena alkohol menguras magnesium dan mengurangi kemampuan tubuh menyerap magnesium dari makanan. Kelebihan konsumsi alkohol merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Kacang-kacangan mentah (dalam jumlah sedang jika Anda kelebihan berat badan) dan biji-bijian merupakan sumber yang bagus untuk mendapatkan magnesium dan produk susu rendah lemak sumber yang baik untuk mendapatkan kalsium.

 

3. Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk melawan stroke. Sebuah studi yang dipublikasikan di journal stroke tahun 2002, dengan melibatkan 2000 partisipan selama lebih dari 10 tahun menemukan bahwa orang dengan kadar vitamin C rendah, khususnya yang memiliki tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan memiliki risiko stroke yang lebih tinggi. Buah-buahan dan sayuran berwarna terang merupakan sumber terbaik dari vitamin C dan tentu saja Anda bisa mendapatkan kalium sekaligus.

 

4. Asam lemak omega-3

Makanan seperti salmon, mackerel dan biji rami yang dihancurkan bisa membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dengan cara menurunkan kolesterol dan risiko aterosklerosis (pengerasan dinding arteri).

 

5. Serat

Buah, sayur-sayuran dan beras murni mengandung serat, tepung havermot dan apel khususnya mengandung serat yang larut dalam air. serat membantu mengurangi dan mencegah pembentukan kolesterol dalam arteri, yang sekaligus juga akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Sebuah studi yang disebut Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) menemukan bahwa diet yang kaya buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak disertai dengan lemak jenuh rendah, serta total lemak rendah secara signifikan bisa menurunkan tekanan darah. Semua nutrisi di atas merupakan komponen dari diet DASH dan tentu saja akan membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi Anda.

kode lainnya (lanjutan)

Gambar pertama yaitu sendok dan garpu, berarti wadah tersebut aman bagi makanan. Gambar kedua bergambar gelombang radiasi, artinya bahwa wadah tersebut dapat digunakan di microwave. Gambar ketiga mirip dengan serpihan salju, berarti bahwa wadah tersebut dapat dimasukkan ke freezer. Sedangkan gambar piring dan garis seperti hujan, artinya wadah tersebut dapat diletakkan di mesin pencuci piring.

Setelah mengetahui lambang-lambang tersebut, ada baiknya kita mulai lebih memperhatikan wadah-wadah yang kita miliki agar kita tidak salah menggunakannya, karena penggunaan yang salah bukan saja merusak lingkungan, namun juga dapat merusak kesehatan kita. Itu merupakan hal kedua yang dapat kita lakukan. .

Berikut Tips bagi orang tua yang masih memerlukan botol susu untuk anaknya.
1. Pilih dan gunakan botol susu bayi berbahan kaca, atau plastik jenis 4 atau 5.
2. Gunakanlah cangkir bayi berbahan stainless steel, atau plastik jenis 4 atau 5.
3. Untuk dot gunakanlah yang berbahan silikon, karena tidak akan mengeluarkan zat karsinogenik,berbeda dengan dot berbahan latex.
4. Cegah penggunaan botol susu bayi dan cangkir bayi yang mana tempat hisapnya dari berbahan jenis 7 PC (polycarbonate).
5. Jika penggunaan plastik berbahan polycarbonate tidak dapat dicegah, janganlah menyimpan air minum ataupun makanan dalam keadaan panas

tips memilih wadah plastik yang aman

1. PETE/PET.
PETE atau PET (polyethylene terephthalate). Botol jenis PETE/PET ini disarankan hanya untuk sekali pakai. Bila terlalu sering dipakai, dan digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker dalam jangka panjang.

Bahan PETE ini berbahaya bagi pekerja yang berhubungan dengan pengolahan maupun botol daur ulang botol PETE. Pembuatan PETE menggunakan senyawa antimoni trioksida. Senyawa ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan dengan menghirup udara. Seringnya menghirup senyawa ini bisa mengakibatkan iritasi kulit dan saluran pernapasan. Bagi wanita, senyawa ini meningkatkan masalah menstruasi dan keguguran. Bila melahirkan, anak kemungkinan besar akan mengalami pertumbuhan yang lambat hingga usia 12 bulan.

2. HDPE.
HDPE (high density polyethylene). Botol plastik jenis HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan pada suhu tinggi. Merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan&minuman; yang dikemasnya. Sama seperti PETE, HDPE juga disarankan hanya untuk sekali pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksidanya meningkat seiring waktu.

3. V
Kode V,atau lebih dikenal PVC (polyvinyl chloride), yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Bahan ini ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap) dan botol. Reaksi yang terjadi antara PVC dan makanan yang dikemas dengan plastik ini berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan. PVC mengandung DEHA (diethylhydroxylamine) yang berbahaya bagi tubuh, biasanya bahan ini bereaksi dengan makanan yang dikemas dengan plastik berbahan PVC ini. DEHA ini bisa lumer pada suhu -15°C.

4. LDPE
LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic, dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol yang lembek. Sifat mekanis jenis bahan LDPE ini adalah kuat, tembus pandang, fleksibel dan permukaan agak berlemak, pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, bisa didaur ulang serta baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibelitas tapi kuat. Bahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

5. PP
Bahan jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap.

6. PS
Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang. Bahan ini biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain

7. O
Bahan untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu:
1. SAN,styrene acrylonitrile.
2. ABS,acrylonitrile butadiene styrene.
3. PC,polycarbonate.
4. Nylon.
Dapat dtemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik dan plastik kemasan.

SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. Biasanya terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi, sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. PC (Polycarbonate) dapat ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak batita (sippy cup), botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula.

SAN dan ABS dapat digunakan untuk tempat makanan. PC Dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas. Dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman

Ironisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan, entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave, atau dituangi air mendidih atau air panas.

manfaat berlatih bench press

Latihan bench press merupakan salah satu latihan terpopuler untuk melatih tubuh bagian atas. Banyak orang memilih latihan ini karena mudah dilakukan dan memiliki manfaat yang nyata bagi pembentukan otot tubuh bagian atas. Latihan ini memungkinkan tubuh bagian atas berkontraksi secara maksimal sehingga pertumbuhan otot meningkat lebih cepat.


Meningkatkan beban bench press berguna untuk meningkatkan kontraksi kelompok otot besar sehingga meningkatkan power pada otot utama yang terlibat saat melakukan bench press. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berlatih bench press.

  1. Membentuk Otot Dada, Bahu Dan Tricep
    Latihan bench press memungkinkan tiga otot bekerja dalam waktu yang sama, yaitu otot dada, bahu, dan tricep, sehingga latihan ini efektif untuk meningkatkan massa otot pada bagian otot tersebut. Selain meningkatkan massa otot, latihan ini juga efektif untuk meningkatkan kekuatan otot Anda.
  2. Meningkatkan Kadar Testosteron Tubuh Testosteron merupakan hormon yang berperan penting dalam meningkatkan perkembangan otot. Latihan bench press dapat meningkatkan produksi testosteron dalam tubuh. Seiring produksi testosteron meningkat, perkembangan otot pun akan meningkat lebih cepat.
  3. Meningkatkan Stabilitas Bahu Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa latihan bench press tak hanya melatih satu bagian otot saja, melainkan tiga otot sekaligus. Lebih dari itu, latihan bench press juga berguna untuk melatih serabut otot yang berada di sekitar persendian bahu. Hal ini berguna untuk meningkatkan stabilitas dan cedera pada bahu, baik saat melakukan latihan ataupun saat melakukan aktivitas harian yang melibatkan persendian bahu.
  4. Meningkatkan Kepadatan Tulang Ini mungkin yang paling diabaikan dari semua manfaat bench press. Latihan bench press ataupun latihan beban lainnya berguna untuk meningkatan kepadatan tulang, terutama bagian tulang yang mengalami kontraksi langsung dari latihan bechpress, seperti tulang pergelangan tangan, lengan, dan bahu. Ini menjadikan latihan bench press menjadi latihan yang baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.
  5. Meningkatkan Kekuatan Tulang Belakang Berlatih bench press membutuhkan kontraksi isometrik kuat dari tulang belakang, terutama di bagian toraks. Inilah yang menyebabkan kekuatan tulang belakang meningkat saat melakukan latihan bench press. Meningkatnya kekuatan tulang  dan otot bagian belakang, berguna untuk mengurangi risiko cedera saat latihan, sehingga membuat latihan yang Anda lakukan lebih efektif dan bermanfaat.

Jika Anda baru dalam latihan bench press, mintalah bantuan teman atau personal trainer untuk mendapatkan cara berlatih yang benar dan aman. Anda juga bisa melihat panduan latihan bench press di sini untuk hasil terbaik latihan Anda. Selamat berlatih.

sumber : duniafitness.com

latihan untuk otot dada (chest)

Flat Barbell Press

Barbell Bench Press

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi tidur sejajar dengan bangku bench press.
  • Kedua telapak kaki menempel lantai.
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah.
  • Posisi lengan memegang Dumbbell lurus di depan dada.
  • Turunkan dumbbell hingga posisi siku sejajar dengan bahu dengan posisi forearm kita vertikal.
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

Cable Crossover

Cable Crossover Picture

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi berdiri dengan punggung tegak dengan tubuh sedikit condong ke depan
  • Satu kaki maju ke depan untuk jaga keseimbangan
  • Posisi lengan terbentang sambil memegang handle crossover
  • Posisi siku sejajar dengan bahu
  • Sudut lengan sedikit ditekuk
  • Posisi lengan disatukan di depan dada
  • Menggunakan sendi bahu saja untuk menyatukan lengan
  • Sudut lengan tetap dipertahankan sedikit menekuk
  • Tarik nafas saat membentangkan lengan dan hembuskan nafas saat menyatukan lengan

Decline Dumbbell Press

Decline Dumbbell Press

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi tidur di bangku decline bench
  • Kaki dikaitkan pada bantal yang tersedia di ujung decline bench
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah
  • Posisi lengan memegang dumbbell lurus di depan dada
  • Turunkan Dumbbell hingga posisi siku sejajar dengan bahu dengan posisi forearm kita vertikal
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

Flat Dumbbell Press

Dumbbell Bench Press

Tahapan Pelaksanaan:

  • Tidurlah pada bench dengan dumbbell di masing – masing tangan (gambar)
  • Hembuskan nafas, angkat perlahan kedua dumbbell diatas dada
  • Pusatkan pada otot dada ketika mendorong beban
  • Tarik nafas, perlahan turunkan dumbbell kembali ke posisi awal

Incline Dumbbell Press

Incline Dumbbell Press

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi duduk sesuai dengan bangku incline bench press
  • Kedua telapak kaki menempel lantai
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah
  • Posisi lengan memegang Dumbbell lurus di depan dada
  • Turunkan Dumbbell hingga posisi siku sejajar dengan bahu
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

Flat Barbell Press with Smith Machine

Flat Barbell Press with Smith Machine Picture

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi tidur sejajar dengan bangku bench press
  • Kedua telapak kaki menempel lantai
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah
  • Posisi lengan memegang Stang Barbell lurus di depan dada
  • Turunkan stang barbell hingga posisi siku sejajar dengan bahu
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

Incline Barbell Press with Smith Machine

Incline Barbell Press with Smith Machine Picture

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi duduk sesuai dengan bangku incline bench press
  • Kedua telapak kaki menempel lantai
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah
  • Posisi lengan memegang stang Stang Barbell lurus di depan dada
  • Turunkan stang barbell hingga posisi siku sejajar dengan bahu
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

Machine Chest Press

Machine Chest Press

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi duduk sesuai dengan bangku pada machine chest press
  • Kedua telapak kaki menempel lantai atau berpijak pada tumpuan yang tersedia
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah
  • Posisi lengan memegang pegangan pada mesin lurus di depan dada
  • Posisi siku sejajar dengan bahu
  • Saat menurunkan beban, posisi siku sedikit lebih rendah
  • Posisi siku tidak lebih mundur daripada bahu, sejajar dengan bahu
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

Pec Deck

Pec Deck

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi duduk sesuai dengan bangku pada pec deck machine
  • Kedua telapak kaki menempel lantai atau berpijak pada tumpuan yang tersedia
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah
  • Posisi lengan diletakkan pada bantalan sesuai dengan gambar
  • Posisi siku tidak lebih tinggi daripada bahu
  • Punggung tetap menempel pada sandaran saat menutup bantalan di depan dada
  • Siku sedikit lebih rendah daripada bahu saat menutup bantalan di depan dada
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

Dumbbell Flies

Dumbbell Fly

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi tidur sejajar dengan bangku bench press
  • Kedua telapak kaki menempel lantai atau berpijak pada tumpuan yang tersedia
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah
  • Posisi lengan memegang dumbbell lurus di depan dada
  • Posisi siku sedikit ditekuk
  • Tangan dibuka membentuk setengah lingkaran dengan posisi siku masih sedikit menekuk
  • Menggunakan sendi bahu saja untuk menggerakkan beban
  • Pada saat beban di bawah, posisi siku tidak lebih rendah daripada bahu
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

Kembali ke atas

____________________________________________________________________________________

Decline Barbell Press with Smith Machine

Decline Barbell Press with Smith Machine

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi tidur di bangku decline bench
  • Kaki dikaitkan pada bantal yang tersedia di ujung decline bench
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah
  • Posisi lengan memegang Stang Barbell lurus di depan dada
  • Turunkan Stang Barbell hingga posisi siku sejajar dengan bahu dengan posisi forearm kita vertikal
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

Decline Barbell Press

Decline Barbell Press

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi tidur di bangku decline bench
  • Kaki dikaitkan pada bantal yang tersedia di ujung decline bench
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah
  • Posisi lengan memegang Stang Barbell lurus di depan dada
  • Turunkan Stang Barbell hingga posisi siku sejajar dengan bahu dengan posisi forearm kita vertikal
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

Incline Barbell Press

Incline Barbell Press

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi tidur sejajar dengan bangku incline bench press
  • Kedua telapak kaki menempel lantai
  • Punggung rata dengan bangku, tidak ada celah
  • Posisi lengan memegang Stang Barbell lurus di depan dada
  • Turunkan Stang Barbell hingga posisi siku sejajar dengan bahu dengan posisi forearm kita vertikal
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

BODY WEIGHT TRAINING :

Push Up

Push Up

Tahapan Pelaksanaan:

  • Ambil posisi tengkurap dengan posisi seperti di gambar
  • Luruskan badan dan kaki Anda, regangkan tangan selebar bahu
  • Mulai tekuk siku Anda sehingga tubuh bagian atas Anda turun dan hampir menyentuh lantai
  • Setelah itu kembali ke posisi semula dengan meluruskan tangan

Wide Grip Push Up

Wide Grip Push Up

Tahapan Pelaksanaan:

  • Ambil posisi tengkurap dengan posisi seperti di gambar
  • Luruskan badan dan kaki Anda
  • Regangkan tangan melebar kira-kira 20 cm ke kiri dan ke kanan bahu Anda
  • Mulai tekuk siku Anda sehingga tubuh bagian atas Anda turun dan hampir menyentuh lantai
  • Setelah itu kembali ke posisi semula dengan meluruskan tangan

Kembali ke atas

____________________________________________________________________________________

Close Grip Push Up

Close Grip Push Up

Tahapan Pelaksanaan:

  • Ambil posisi tengkurap dengan posisi seperti di gambar
  • Luruskan badan dan kaki Anda
  • Taruhlah tangan Anda di depan dada Anda (menyempit) sehingga ibu jari dan jari telunjuk berdekatan membentuk segitiga di bawah dada Anda
  • Mulai tekuk siku Anda sehingga tubuh bagian atas Anda turun dan hampir menyentuh lantai
  • Setelah itu kembali ke posisi semula dengan meluruskan tangan

Kembali ke atas

____________________________________________________________________________________

Decline Push Up

Decline Push Up

Tahapan Pelaksanaan:

  • Ambil posisi tengkurap dengan kaki berada di atas bangku seperti di gambar
  • Luruskan badan dan kaki Anda, regangkan tangan selebar bahu
  • Mulai tekuk siku Anda sehingga tubuh bagian atas Anda turun dan hampir menyentuh lantai
  • Setelah itu kembali ke posisi semula dengan meluruskan tangan

sumber :duniafitness.com